Remove unnecessary files and clear web history to boost speed and privacy.

Introduction

Premis dari CCleaner sebetulnya cukup simpel, yaitu meningkatkan performa PC dengan cara menghapus file-file tidak berguna (termasuk temporary files, cookies, dan konten Recycle Bin-mu) dan melindungi privasimu dengan cara menghapus web browser search history, history URL dan menghapus tracking cookies yang melaporkan aktifitas onlinemu kembali ke advertisers.

secara teori, semua ini dapat dilakukan oleh optimization tools yang secara built in terpasang di windows kita, task manager, dan melalui pengaturan browsermu, tapi itu dapat memakan waktu kita dan kadang membuat kita tidak mempedulikan untuk membersihkan files komputer kita.

Design CCleaner yang bersih dan interface yang user friendly akan membuat pembersihan files komputermu yang agak rumit karena harus membuka berbagai aplikasi berbeda menjadi simple hanya dengan satu aplikasi saja. Setiap elemen yang akan dibersihkan oleh CCleaner dijelaskan dengan baik dan kamu dapat memilih apa saja yang kamu tidak ingin dibersihkan sehingga kamu tidak secara tidak sengaja menghapus file yang mungkin kamu masih pakai nanti.

Alasan kenapa kamu harus menginstall CCleaner di PC-mu

Layar analisis CCleaner

Layar utama dari CCleaner memiliki 2 tabs yaitu Windows dan Applications yang memperlihatkan semua temporary files dan elemen lain yang tidak diperlukan di PC untuk dihapus dari sistem. kamu akan sadar bahwa ada beberapa opsi yang sengaja tidak dicentang secara default; ini karena opsi tersebut akan menghapus file yang mungkin akan kamu perlukan, dan CCleaner akan memberitahumu resikonya jika kamu memilih opsi tersebut.

Setelah kamu selesai memilih, click ‘Analyze’ dan CCleaner akan melakukan scanning pada sistemmu untuk memperlihatkan berapa besar space hard disk yang akan kamu peroleh dengan menghapus file tersebut. Setelah proses scan selesai, CCleaner akan memperilhatkan file apa saja yang ditemukan. Klik ‘Run Cleaner’ untuk membersihkan file tersebut.

Setelah selesai menghapus file Junk tersebut, CCleaner akan melihat Registry Windows-mu. Registry merupakan database yang menyimpan informasi tentang Operating System itu sendiri dan program yang terinstall di komputer anda. Secara waktu berlalu,  Registry dapat dipenuhi oleh data-data yang tidak diperlukan seperti broken links, missing data, dsb yang dapat mempengaruhi peforma PC.

Alasan CCleaner

Layar registry CCleaner

Saat memperbaiki registry, anda akan diberikan peringatan untuk melakukan backup sebelum memulai proses perbaikan, yang merupakan hal penting karena Registry merupakan bagian  fundamental dari sebuah Operating Systen, dan ada kemungkinan saat memperbaiki Registry akan memberikan damage pada sistemmu.

Konklusinya adalah, CCleaner merupakan sebuah solusi yang cepat dan gampang untuk membantumu melakukan kegiatan bersih-bersih files yang seharusnya penting untuk dilakukan, agar sistemmu dapat berjalan dengan lancar dan bebas dari Junk yang memenuhi hard diskmu.

Untuk aplikasinya sendiri dapat anda download disini

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *